Batik Cirebon

Batik Trusmi Cirebon mulai ada sejak abad ke 14. suatu daerah dimana saat itu tumbuh banyak tumbuhan, kemudian para warga menebang tumbuhan tersebut namun secara seketika kemudian tumbuhan itu tumbuh kembali. Sehingga tanah tersebut dinamakan Desa Trusmi yang berasal dari kata terus bersemi.

Asal mulanya Sultan kraton menyuruh orang trusmi untuk membuat batik seperti miliknya tanpa membawa contoh batik, dia hanya di perbolehkan melihat motifnya saja. Saat jatuh tempo, orang trusmi itu kemudian datang kembali dengan membawa batik yang telah dia buat.Ketika itu orang trusmi tersebut meminta batik yang asli kepada Sultan,yang kemudian di bungkuslah kedua batik itu (batik yang asli dengan batik buatannya/duplikat).

Orang trusmi kemudian menyuruh sultan untuk memilih batik yang asli namun sangking miripnya sultan tidak dapat membedakannya, batik duplikat tersebut tidak ada yang meleset sama sekali dari batik aslinya. sehingga sultan mengakui bahwa batik buatan orang trusmi sangat apik, tanpa membawa contoh batik yang aslinya dapat membuat batik yang sama persis.

Produksi Batik disini juga beragam. Tidak hanya kain tetapi juga menghasilkan pakaian pria dan wanita, tas, sendal, topi, jaket dan lainnya. Untuk kain rata-rata ukurannya antara 115 x 200cm untuk kain Sutera dan Kain Katun berukuran 10,5 x 200 cm. Motifnya pun sangat unik, yang mengambarkan budaya dan sejarah Cirebon. Salah satu yang terkenal adalah motif Mega Mendung.
Motif yang menggambarkan awan-awan ini disebut demikian, karena dulu kain ini dipakai untuk menaungi Sultan Cirebon dari hujan saat Sultan Kasepuhan dan Kanoman menuju Kawasan Gunung Jati. Suasana cuaca kala itu mengilhami terciptanya motif ini. Motif ini rata mempunyai 2 model, yaitu motif dengan Gradasi warna sederhana dan dengan gradasi warna lapis tujuh.
Tak cuma Mega Mendung, banyak juga motif yang lain seperti motif Keraton rumit yang terdiri dari motif Tembok Keraton, Kasepuhan, Naga Seba, Singa Barong, Kompeni, Keong Racun, Guci, SBY, Sawat Penganten, Trusmian, Sunyaragi, Kereta Kencana dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s