Galeri

Hubungan Antara Wisata, Ekonomi, dan Budaya

“Wisata”. Apabila kita mendengar kata ini mungkin kita akan langsung membayangkan tempat-tempat yang indah, surga para fashionista, tempat menghilangkan penat setelah beraktifitas yang dilengkapi dengan aneka permainan dan disesaki oleh berbagai latar belakang pengunjung. Dari mulai rakyat biasa, para pegawai, aparat negara hingga para pejabat bahkan turis asing pun membutuhkan berwisata untuk menghilangkan kepenatan. Maka dari situlah interaksi dimulai, interaksi antara pengunjung dengan pedagang yang berjualan dilokasi wisata, interaksi antara pengunjung dengan pengunjung hingga interaksi antara pengunjung dengan tour guid terjadi.

Dari situlah potensi besar muncul apabila wisata diolah dan dikemas sedemikian rupa. Dengan banyaknya pengunjung secara otomatis akan mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar disamping itu pengenalan serta pelestarian budaya kita secara otomatis akan terjaga serta terekspos ke berbagai penjuru dunia. Sehingga bukan hanya sekedar retorasi pelestarian budaya kita, tapi diimplementasikan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari kita. Karena dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke tempat-tempat wisata yang kita miliki, kita mempunyai kesempatan untuk menampilkan kesenian-kesaenian yang dimiliki mulai seni tari topeng, Sintren, degung, genjring dll. yang saat ini mulai jarang kita nikmati.

Sudah seyogyanya pemerintah daerah mulai serius menggarap sektor pariwisata khususnya di wilayah tiga Cirebon, karena potensi yang dimiliki sangat luar biasa. Mulai dari pariwisata tempat bersejarah seperti: Keraton kesepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan, Maqom Sunan Gunung Jati, Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Petilasan Sunan Kali Jaga, Masjid Merah, Gedung Perjanjian Linggarjati. Wisata Pantai Seperti: Taman Ade Irma Suryani, Pelabuhan Cirebon, Pantai Kejawanan, Pantai Kertasmaya dan Pantai Glayem di Indramayu. Wisata Air :Pemandian Air Panas Sankan Urip, Cibulan, Kawasan Wisata Cilengkrang, Curug (Air Terjun) sidomba, Waduk Darma, Gunung Ciremai, Curug Maja (Muara Jaya) di Majalengka dan masih banyak lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s