Galeri

Panitia Pasanggiri Topeng Cirebon Diminta Objektif

<p>SUMBER, (PRLM).- Pasanggiri topeng Cirebon yang akan mengelompokkan masing-masing kekhasan daerah asalnya dinilai sejumlah kalangan sangat positif. Namun, mereka meminta agar panitia lomba benar-benar siap dalam pelaksanaannya nanti dan objektif dalam penilaian.

“Ini merupakan langkah maju lomba tari topeng yang dikelompokkan seperti itu. Namun, Yang perlu diperhatikan, harus dipersiapkan tolok ukur. Atau kriteria dari berbagai jenis topeng tersebut,” kata pengamat seni, Sumbadi Sastra Alam di Sumber, Senin (21/3).

Namun, lanjut Sumbadi, yang menjadi pertanyaan adalah, siapkah dengan juri yang spesifik, sebab untuk jenis topeng Losari yang ada hanya Nani, untuk topeng Palimanan cuma Nani Kadmini, untuk topeng Slangit cuma ada Inu, untuk Gegesik yang ada hanya Baedah, untuk topeng Kalianyar siapa?

“Terus, sudah banyakkah peserta tari dari tiap kelompok? Kalau cuma coba-coba saya kira tidak ada salahnya sambil mengukur sejauh apa pembinaan dan pelestarian topeng di kalangan generasi penerus. Kegiatan ini harus di suport secara positif,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kab. Cirebon melalui Kabid Kebudayaan, Made Casta mengakui pasanggiri topeng kali ini berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya.

“Saya kira ini akan lebih berbudaya, karena, tidak mempertandingkan antara gaya yang satu dengan yang lainnya. Seperti kita ketahui, tari topeng gaya Losari, Slangit, Palimanan, Gegesik itu berbedaibeda jadi tidak bisa dilombakan secara umum, eloknya ya dikelompokkan,” kata Made Casta di kantornya.

Dijelaskan pasanggiri akan berlangsung tanggal 4 hingga 6 April mendatang di panggung museum Pangeran Cakrabuana, Kantor Disbudparpora Kab. Cirebon di Sumber. Bagi para peminat bisa menghubungi panitia di Disbudparpora bidang Kebudayaan sampai dengan tanggal 25 Maret mendatang.

“Alhamdulillah, masih banyak remaja yang peduli dan berminat pada seni tari topeng. Salah satu buktinya, sampai dengan hari ini yang mendaftarkan pasanggiri sudah mencapai 71 orang,” kata Made Casta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s